Sabtu, 08 November 2008

Jumper and Connector Locations

MainBoard

Connector Descriptions

Label

Component

1394A2

IEEE 1394 Header

AGP1

Accelerated Grapics Port

ATX1

Standard 20-pin ATX power connector

ATX2

ATX 12V power connector

AUDIO1

Front audio connector

AUXIN1

Auxiliary Audio input header

CASFAN1

Case fan connector

CDIN1

Primary CD-in Connector

COM2

Onboard serial port header COM2

CPU SOCKET

Micro PGA 478-pin DDR SDRAM

DIMM1-DIMM2

Two 184-pin DDR SDRAM

FDD1

Floppy disk drive connector

IDE1

Primary IDE channel

IDE2

Secondary IDE channel

JP1

Clear CMOS jumper

JP3

BIOS flash protect jumper

NBFAN1

Cooling fan for NB

Panel1

Connector for case front panel switches and LED indicators

PCI1-PCI3

Three 32-bit add-on card slots

SATA1-SATA2

Two serial ATA headers

SJ1

Single color LED header

SPDIFO1

SPDIF out header

USB3-USB4

Two connectors for front panel USB ports

MAU BELI VIDEO CARD DARI CHIPSET SAMPAI API

Berikut tadi adalah bagian-bagian yang harus Anda pertimbangakan ketika akan membeli video card. Berikut tadi hanya sebagian kecil spesifikasi yang sudah sangat umum dipertanyakan penjual. Dan spesifikasi tadi belum seberapa dibandingkan dengan istilah-istilah lain yang tertulis pada kemasan video card yang akan Anda beli.

Komputer manapun membutuhkan video card atau yang biasa dikenal dengan nama Video Graphic Accelerator Card untuk menampilkan gambar pada layar monitor. Namun, memilih video card kini tidak semudah beberapa tahun yang lalu. Mengingat berkembangnya teknologi telah meningkatkan kebutuhan yang beragam terhadap komputer itu sendiri.

Ada beberapa masyarakat yang hanya menggunakan komputer untuk proses yang lebih banyak melibatkan angka-angka ketimbang gambar. Atau ada juga user yang lebih dominan terhadap aspek hiburan ketibang pekerjaan. Atau mungkin komputernya memang digunakan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan pengeditan gambar atau video sekalipun. Oleh sebab itulah, kini teknologi komponen komputer mencoba untuk menyesuaikan. Sehingga Anda mendapatkan barang yang sesuai dengan yang dibutuhkan.

Sayangnya, hampir setiap setengah tahun, semua bagian dalam video card mengalami kemajuan-kemajuan yang sering diwakilkan dengan istilah-istilah asing. Sehingga tidak jarang banyak masyarakat umum yang merasa bingung dalam menentukan pilihan dikarenakan ketidakmengertiannya terhadap arti maupun maksud istilah-istilah tersebut.

Oleh sebab itu, kali ini kami akan mencoba memaparkan kepada masyarakat umum khususnya pemula yang akan akan membeli video card untuk komputer baru, maupun yang sedang meng-upgrade komputer lamanya. Agar para pembaca tidak salah dalam mengartikan istilah-istilah tersebut. Dan para pembaca juga mendapatkan barang yang tepat, sesuai dengan kebutuhan.

1. GPU/Chipset
Yang disebut dengan GPU (Graphic Processing Unit) atau chipset adalah sebuah unit processor yang memang khusus bekerja untuk mengolah graphic sebuah komputer. Sehingga pekerjaan processor komputer Anda tidak akan terbebani oleh sebagian besar perintah yang berkaitan dengan proses graphic komputer.

Jenis chipset yang digunakan pada video card Anda akan mempengaruhi beberapa hal yang sangat penting. Seperti Core Clock Speed, Memory Clock Speed, dan Ramdac Clock Speed.

Biasanya setiap kurang lebih enam bulan sekali para pembuat chipset akan mengupdate teknologi produk mereka. Ini artinya hampir setiap enam bulan sekali performa video card terus meningkat.

Namun, dalam membeli sebuah video card tidak hanya chipset saja yang memegang peranan penting. Melainkan ada atribut lain yang juga perlu diperhatikan. Seperti memory, koneksi yang tersedia termasuk software yang melengkapinya.

Dua produsen terbesar untuk chipset video card sekarang ini adalah nVIDIA dengan seri GeForce-nya serta ATi dengan seri Radeon-nya. Sekali kami ingatkan jangan menilai video card dari chipset-nya. Tidak ada salahnya jika Anda terlebih dahulu mengintip performa mereka dari review-review yang dilakukan oleh beberapa media komputer yang telah terlebih dahulu mengetes performanya.

2. Core Clock
Yang dimaksud dengan core clock pada video card adalah kecepatan yang dimiliki oleh processor dari video card itu sendiri. Yaitu ada berapa putaran yang dapat dilakukan oleh processor graphic adapter dalam satu detik. Oleh sebab itu, nilai core clock selalu tertulis dengan satuan nilai MHz. Semakin tinggi nilai clock speed-nya, maka akan semakin cepat kerja video card Anda.


Tidak ada komentar: